Tutorial Lengkap Cara Gampang Membuat Jaket Galaxy Fiber Optic Dengan 8 Pola Mudah


Tujuan dari proyek ini adalah untuk memperluas apa yang dapat Anda lakukan dengan kabel serat optik dalam estetika yang dapat dikenakan. Meskipun ada sumber daya seperti kain serat optik, tujuannya bukan untuk menonjolkan ujung kabel. Saya selalu menikmati melihat cetakan galaksi, tema, dan gambar jadi ketika saya menemukan tidak ada yang membuat hoodie galaksi dengan bintang-bintang menyala, saya harus membuatnya. 

Langkah 1: Kumpulkan Persediaannya Terlebih Dahulu


Bahan-bahan yang digunakan dalam proyek ini adalah sebagai berikut:
  • 1x Galaxy Hoodie M
  • Filamen Serat Optik 0.75mm
  • 1x Arduino Uno
  • 4x WS281 Neopiksel LED strip 8
  • 1M 22awg kawat
  • Besi Solder + Solder
  • Pistol lem panas
  • Casing LED Cetak 3D
  • PLA hitam
  • Jarum
  • Dua kemeja tua
Langkah 2: Desain dan Casing Cetak 3DLangkah 2: Desain dan Casing Cetak 3D


Karena proyek ini diterangi menggunakan filamen serat optik, diperlukan casing untuk menahan untaian ke LED. Strip neopiksel berukuran 56,5mm X 10mm. Saya merancang casing sederhana di tinkercad dan setelah beberapa prototipe, saya mendapatkan hasil cetak yang memuaskan.

Berikut adalah model Casing

NeoPixel LED 8 Strip 

Langkah 3: Identifikasi Lokasi Filamen

Saya bermaksud menggunakan 4 stik Neopixel (masing-masing berisi 8 LED) di hoodie saya. Setelah tes cepat dengan casing yang sudah jadi, saya menemukan bahwa 18 helai filamen pas di masing-masing dari 32 lubang LED. Ini berarti saya dapat melampirkan total 576 filamen ke proyek saya. Gambar di atas adalah tata letak hoodie saya dan kira-kira di mana saya berencana untuk memiliki lampu. Saya meletakkan 288 titik di bagian depan dan 288 di bagian belakang untuk memastikan bahwa saya memiliki cukup Neopiksel untuk cakupan penuh.


Sejujurnya Anda mungkin bisa melewatkan langkah ini dan mengayunkannya -Jika Anda memiliki cukup filamen Mungkin tidak masalah di mana mereka ditempatkan asalkan cakupannya merata.

Untuk sisa proyek ini, saya akan menyebut filamen sebagai FOFs, kependekan dari Fiber Optic Filament 

Langkah 4: Dapatkan Ukuran Hoodie Dengan Pengukur


Gambar utama (A) menunjukkan rencana sirkuit yang akan dipasang pada hoodie.


Image B&C adalah hoodie yang berdiri di atas dudukan yang terbuat dari tripod, selotip, dan stik... >.< Janky right. Melakukan hal ini memudahkan untuk memvisualisasikan di mana saya ingin tongkat neopiksel LED pergi.



Saya mengukur panjang diagonal 66cm (26in) untuk hoodie M saya, jadi saya memotong 3 strip kawat sepanjang itu. Untuk proyek ini, Anda memerlukan kabel Ground, V+, dan Signal. Langkah selanjutnya memiliki gambar di mana Anda dapat melihat kabelnya 

Langkah 5: Solder Bagian Sirkuit Lampu LED

Waktu menyolder! Kaitkan semua stik NeoPixel dengan strip kawat 66cm di antaranya. Anda tidak memerlukan Tongkat Neopixel terakhir untuk dihubungkan kembali ke papan Arduino karena kabel Ground dan 5V sudah membuat sirkuit tertutup :)


Tip: Lem panas adalah isolator yang baik, saya menggunakannya untuk menutupi kabel yang terbuka pada Neopiksel. Ini memastikan bahwa saya tidak perlu berurusan dengan kabel yang saling bersentuhan yang menyebabkan korsleting.

Langkah selanjutnya melibatkan menempelkan LED ke hoodie, jadi pastikan untuk memasang casing. 

Langkah 6: Pasang Lampu LED Nya Ke Hoodie Yang Sudah Kamu Siapkan


Rekatkan LED ke dalam hoodie yang terbalik. Saya menyembunyikan LED depan dan belakang di lipatan pelek bawah. 

Langkah 7: Bundel Fiber Optik


Alih-alih menempelkan FOF secara acak di mana-mana (Yang dapat Anda lakukan tetapi saya tidak akan merekomendasikan), saya akan menggabungkan set 18 FOF bersama-sama pada 9 panjang yang berbeda sehingga saya bisa mendapatkan cakupan yang merata dari setiap warna LED di atas hoodie. Gambar utama (A) adalah komposisi setiap bundel di sebelah penggaris.
  • 2x60 cm kabel
  • 2x 55 cm kabel
  • kabel 2x50cm
  • kabel 2x45cm
  • kabel 2x40cm
  • kabel 2x35cm
  • kabel 2x30cm
  • kabel 2x25cm
  • kabel 2x20cm
Total 18 kabel (filamen) dengan panjang yang berbeda

Untuk melengkapi bundel, saya mengikat ritsleting kabel bersama-sama (memastikan ujungnya rata) dan melilitkan pita listrik di sekelilingnya. (Gambar B) Jika Anda ingin keamanan ekstra, tambahkan sedikit lem super sebelum membungkusnya dengan pita listrik.

Gambar C adalah bundel yang direntangkan, Anda dapat melihat panjang yang berbeda

Sekarang untuk bagian yang menyenangkan... ULANGI LANGKAH INI 31 KALI LAGI!! (Gambar D) 

Langkah 8: Tandai Bintang Anda

Untuk menyelaraskan filamen dengan pola bintang di bagian luar hoodie, tandai lokasi setiap bintang dengan spidol gelap. (Gambar A) Menggunakan senter, saya menyalakan lampu latar di bawah tudung untuk melihat dengan lebih baik di mana harus menandai lokasi filamen. (Gambar B) adalah 144 titik di bagian depan hoodie.

Langkah 9: Instal Bundel Optik


Rekatkan semua bundel Anda ke dalam casing LED masing-masing. 

Langkah 10: Benang Serat Optik Melalui Titik yang Ditandai


Gunakan jarum untuk membuat lubang melalui kain, dan masukkan filamen ke dalamnya. Jaga agar hoodie tetap terentang sehingga Anda dapat memastikan panjangnya benar-benar rata dengan kain. Dengan cara ini, filamen tidak akan terlalu pendek atau terlalu panjang. Setelah Anda memasang filamen dengan panjang yang diinginkan, oleskan lem panas dan tahan selama 15 detik. Gambar berikutnya adalah hoodie yang dibolak-balik ke kanan setelah semua serat direkatkan. Pangkas kelebihan panjang untuk mendapatkan ujung serat dekat dengan lokasi bintang. 

Langkah 11: Line Hoodie Dengan Kain Cadangan


Saya menemukan kemeja lama yang tidak saya gunakan dan menempelkannya ke bagian dalam hoodie sehingga saya tidak akan tersangkut di filamen saat memakainya. 

Langkah 12:Lakukan Coding di Arduino 


(Gambar A) Program ini bekerja dengan beralih di antara kode pola yang berbeda setiap kali tombol ditekan. Setiap tab pada aplikasi Arduino (terlepas dari yang pertama) adalah pola LED. Anda harus menempatkan setiap pola pada tab yang berbeda. Download kode dan polanya disini kode hoodie LED


(Gambar B) Skema rangkaian 

Langkah 13: Hasil


Produk akhirnya sedikit lebih besar dari yang saya perkirakan, saya belajar banyak melakukan proyek ini. 

Iklan Atas Artikel

close

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel