10 cara untuk meningkatkan pesanan online

Layanan pengiriman dari pintu ke pintu dengan keunggulan seperti: kemudahan; cepat; Apalagi di masa sekarang ini ketika pelanggan semakin “takut” makan di luar, layanan pemesanan online menjadi lebih populer dan banyak dipilih. 

Memuaskan keinginan pelanggan tepat pada saat mereka menginginkannya adalah satu-satunya cara untuk membuat pengunjung hari ini benar-benar puas. 


Pengiriman diperkirakan akan menjadi saluran peningkatan pendapatan yang signifikan untuk bisnis layanan makanan di masa depan. Restoran Anda siap meningkatkan penjualan dari penjualan online. Berikut adalah 10 cara untuk meningkatkan pendapatan dari saluran bisnis online 

1. Pengiriman sendiri

Hal pertama yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pesanan online adalah mengintegrasikan fitur pengiriman di situs web Anda dan menjalankan tim pengiriman Anda sendiri. Dengan menawarkan pengiriman Anda sendiri, Anda menghemat sekitar 35% dari keuntungan Anda untuk setiap pesanan.

Ketika situs web Anda memiliki fitur pemesanan dan pengiriman sendiri bawaan, Anda tidak perlu berbagi keuntungan dengan unit lain mana pun.

Selain itu, ini akan membantu Anda mempertahankan pelanggan di situs web Anda lebih lama, dan mereka dapat sepenuhnya fokus memesan dari restoran Anda tanpa terganggu oleh opsi lain.

2. Optimalisasi menu online

Masalah lain yang perlu diingat adalah mempertimbangkan keseluruhan pengalaman pemesanan online pelanggan di situs web Anda. Anda perlu memastikan menu benar-benar mudah dipahami, dan mudah dipesan. Catatan penting, tetapi sering diabaikan, adalah kualitas makanan dari dapur ke pengguna, tidak semua hidangan di menu Anda saat ini cocok untuk diantar. Hanya hidangan yang memastikan kualitas dan rasa meskipun dikirimkan harus dimasukkan dalam menu online.

Perlu diperhatikan juga, jangan lewatkan hidangan khas restoran, atau hidangan restoran terlaris atau terhangat di menu online karena mungkin pelanggan online hanya ingin menikmati hidangan tersebut. Anda juga dapat menawarkan kombo yang menggabungkan 2, 3 hidangan untuk 1 set dengan harga preferensial untuk merangsang pengunjung agar membelanjakan lebih banyak. 

3. Mengintegrasikan Menu Online dengan sistem point of sale

Dengan mengintegrasikan menu online Anda dengan sistem point of sale (POS) Anda juga membantu Anda mengurangi biaya dengan merampingkan sistem pemesanan Anda. Semua pesanan online dan di toko Anda disimpan di satu tempat, menyederhanakan pengoperasian sistem.

Mengintegrasikan pemesanan online dengan point of sale, memungkinkan Anda mengumpulkan informasi pelanggan untuk dapat mengambil keputusan pemesanan, pemasaran, dan layanan pelanggan nantinya. 

4. Mendorong pelanggan untuk memesan secara online melalui website

Anda memiliki situs web yang bagus dan sistem pemesanan yang ramah pengguna, tetapi Anda membutuhkan pelanggan untuk mengetahui hal ini. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki kebijakan untuk mempromosikan pelanggan Anda agar memesan melalui website Anda. Misalnya:
  • Tempatkan tanda pemesanan online di lokasi paling utama di toko Anda (pintu masuk, di atas meja; di lift)
  • Berikan kupon kepada pengunjung restoran Anda saat memesan secara online
  • Kirim email pemasaran ke daftar Anda untuk mempromosikan pemesanan online.
  • Facebook, Instagram, dan Iklan Google
Terakhir, pastikan sistem website Anda selalu dalam keadaan stabil sehingga pelanggan dapat mengunjunginya kapan saja.

5. Menggunakan Media Sosial

Media sosial adalah platform visual tempat Anda dapat menceritakan lebih banyak tentang kisah restoran Anda dan juga mempermudah meyakinkan pelanggan untuk membeli secara online.

Mulailah membagikan foto makanan Anda yang indah. Anda bahkan dapat membagikan foto pelanggan Anda yang memiliki pengalaman hebat di restoran Anda (pastikan untuk meminta izin mereka terlebih dahulu). Dan jangan lupa untuk membagikan foto dan video staf restoran, koki, dan makanan lezat. Anda juga dapat merekam video singkat yang memperkenalkan restoran Anda, cara menyiapkan hidangan, dan mengirimkannya ke pengguna. Ini adalah cara paling intuitif dan jelas untuk memperkenalkan restoran. 

Dan yang paling penting, ingatkan mereka bahwa hidangan lezat ini dapat dipesan secara online melalui website, memberikan penawaran khusus kepada pelanggan saat memesan secara online, misalnya.

6. Gunakan insentif untuk menarik pelanggan

Ada banyak cara untuk menjalankan insentif pelanggan, program loyalitas. Tergantung pada anggaran Anda, dan pilihan Anda. Pemesanan online adalah cara yang bagus untuk mendorong pelanggan tetap mengunjungi situs web Anda dan melakukan pemesanan di situs web Anda Saat Anda siap, mulailah mempromosikan penawaran ini di semua saluran yang Anda bisa: sosial online, di restoran, situs web; selebaran;

7: Gunakan Pemasaran Email Anda

Email tidak mati, jika Anda tahu cara menggunakannya, itu juga merupakan saluran yang bagus untuk mempromosikan penjualan. Email adalah cara yang baik untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda yang sudah ada. Kirimkan informasi bermanfaat secara berkala seperti menu baru, promosi, kebijakan keanggotaan, dll agar pelanggan tidak melupakan Anda. 

8. Kembangkan aplikasi Anda sendiri

Dengan tren “Mobile first”, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap resto dan resto mengembangkan aplikasi tersendiri. Selain memberi pelanggan tidak hanya situs web, tetapi aplikasi lengkap, ini akan menjadi pengalaman pemesanan yang sangat berbeda, dan pendapatan yang ditempatkan melalui aplikasi juga akan lebih tinggi daripada situs web. Pelanggan Anda suka menggunakan aplikasi karena mudah bagi mereka untuk memesan. Plus, itu muncul langsung di ponsel mereka, jadi mereka akan selalu mengingat Anda. 

9. Pesan langsung melalui jejaring sosial

Ada sejumlah platform media sosial berbeda yang memungkinkan pemesanan online bawaan. Ini hanyalah saluran lain dan jalan lain untuk meningkatkan penjualan Anda. 

10. Mempersingkat waktu pengiriman Anda

Terakhir, satu hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan pesanan online adalah mempersingkat waktu pengiriman.

Dengan cara ini, Anda akan mendapat banyak nilai di mata pelanggan, meningkatkan pengalaman. Pengunjung dengan senang hati memberikan ulasan yang baik dan memberi tahu semua teman mereka tentang pengiriman cepat kilat, dengan makanan lezat panas seperti restoran.

Kesimpulan

Pemesanan online tumbuh secara eksponensial. Selain itu, nilai pesanan online rata-rata 20% lebih tinggi daripada pesanan telepon. Berjualan online lebih nyaman dan mudah daripada secara langsung karena Anda dapat menggunakan gambar untuk membantu prosesnya.

Plus, pelanggan Anda lebih suka memesan secara online karena mereka tidak terburu-buru dan mereka dapat membaca seluruh menu sebanyak yang mereka inginkan tanpa tekanan sebelum melakukan pemesanan.

Semoga dengan saran-saran di atas Anda sukses membangun layanan pemesanan online restoran atau rumah makan Anda! 

Iklan Atas Artikel

close

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel